6
Kali ini saya akan memberi info yang tidak begitu berguna gan, namun hal yang sepele inilah yang perlu kalian waspadai. Apalagi para pengguna Facebook mengunggah 7 hal ini.

1. Ketika Anda Meninggalkan Rumah
Seorang pengguna jejaring sosial tidak boleh mengunggah status yang memberitahukan kepada orang lain bahwa dirinya sedang meninggalkan rumah, baik untuk berlibur atau hanya sekadar menginap semalam dua malam. Alasannya, informasi yang Anda unggah ini bisa dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang berniat jahat. Misalnya menggunakan kesempatan saat rumah kosong untuk membobol rumah dan mencuri berbagai barang berharga.
2. Nomor Telepon
Hindari untuk menampilkan informasi pribadi seperti nomor telepon Anda di Facebook. Sebab, pengguna lain bisa memanfaatkan hal ini untuk membagi-bagikan nomor pribadi Anda pada orang lain yang mungkin punya niat buruk terhadap Anda.
3. Status Hubungan
Ahli keamanan Andy O'Donnell mengemukakan, akan lebih aman bagi seseorang untuk tidak mempublikasikan status hubungan dalam profil Facebook Anda. Alasannya, hal tersebut bisa digunakan oleh stalker untuk berbagai tindak kekerasan fisik maupun seksual.
4. Foto-foto Tak Senonoh
Jangan pernah mengunggah foto-foto tidak senonoh atau tidak pantas di akun jejaring sosial Anda. Hal ini bisa dimanfaatkan orang yang tidak bertanggung jawab untuk berbagai hal yang membahayakan keselamatan diri Anda.
5. Password

Password merupakan hal yang harusnya dirahasiakan dari siapapun. Karenanya, jangan pernah mengunggah informasi mengenai password Anda atau memberitahukannya ke siapapun, termasuk kekasih atau orang terdekat. Sebab, hal ini bisa membuat Anda menjadi sasaran kejahatan siber.


6. Alamat Rumah
Sadar atau tidak, masih banyak yang menganggap bahwa alamat rumah adalah hal yang boleh dipublikasikan di jejaring sosial. Tanpa disadari, sebenarnya hal ini membahayakan, mengingat, tidak semua teman di Facebook adalah teman dekat. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, lebih baik jangan menampilkan informasi pribadi seperti alamat rumah.
7. Jangan Sebarkan Foto Anak di Medsos

Kebanyakan orangtua senang mengunggah foto anak di jejaring sosial kemudian menandai (tag) kepada orang lain. Padahal, penting diingat bahwa siapapun yang Anda kenal di jejaring sosial mungkin bukanlah orang yang memiliki niat baik. How Stuff Works menuliskan, orangtua yang hendak melindungi anak-anaknya untuk tidak menandai foto anak kepada orang lain karena terkait dengan keselamatan anak.

Poskan Komentar

 
Top