0

PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI
ANALISIS SISTEM INFORMASI EKSPEDISI WILAYAH KABUPATEN JOMBANG






Oleh :
Aulia Akbar Habibie (4114038)

Dosen Pengampu :



PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS PESANTREN TINGGI DARUL ULUM JOMBANG
                                                          TAHUN AKADEMIK 2016


Identifikasi Masalah:
        Permasalahan:
   1.    Semua data-data untuk pengiriman barang masih dilakukan secara manual, sehingga untuk sampainya barang pada tujuan pengiriman bisa terjadi kesalahan.
   2.    Membutuhkan keakuratan data nama pengirim, nama penerima, alamat penerima, dan juga data nama pegawai yang mengirim barang tersebut. Sehingga jika data-data tersebut di tulis secara manual, maka membutuhkan banyak dokumen.
   3.    Data yang semakin lama semakin banyak, akan membutuhkan banyak dokumen manual yang menumpuk. Maka dari itu akan semakin tidak efektif dan data akan tidak akurat untuk pengiriman barang.
  4.    Si pengirim tidak bisa mengontrol proses pengiriman barang secara langsung, sehingga akan timbul kecurigaan si pengirim terhadap barang yang di proses.
  5.    Si penerima barang tidak bisa memberikan feedback untuk pihak ekspedisi, sehingga publik tidak bisa melihat kualitas pengiriman.
  6.    Kurangnya pelayanan secara 24 jam membuat kemungkinan si pengirim barang ragu akan semua prosedur pengiriman
  7.    Sistem pengcekan nomor resi yang terkadang tidak di temukan pengirim.
  8.    Dari semua permasalahan yang ada di atas maka pengembangan Sistem Informasi Ekspedisi Wilayah Jombang ini di buat sebagai upgrading dan menyelesaikan masalah yang ada.

Analisis Kebutuhan:
          Data-data yang akan dibutuhkan untuk menyelesaikan permasalah dalam pengembangan sistem informasi ekspedisi wilayah Jombang:
  1.    Data Customer Service: no_telp(*)
  2.    Data Pengirim : nama_lengkap, alamat_lengkap, kode_pos, no_hp, email, user_id(*), password
  3.    Data Penerima: nama_lengkap, alamat_lengkap, kode_pos, no_hp, email, user_id(*), password
  4.    Data Tarif: wilayah_pengirim, wilayah_penerima, tarif
  5.    Data Barang: no_resi(*), nama_barang, kondisi_barang, jumlah_barang, berat_barang, keterangan_barang

Kebutuhan Fungsional:
          Fungsi dari sistem ini yaitu:
  1.    Proses Login untuk pegawai ekspedisi, pengirim, dan juga penerima barang.
  2.    Proses registrasi data baru dengan cara input lalu save.
  3.    Proses pengolahan data pegawai ekspedisi dengan cara input, dan save.
  4.    Proses pengolahan data tarif ekspedisi dengan cara input, update dan save.
  5.    Proses pengolahan data pengirim barang dengan cara input, dan save.
  6.    Proses pengolahan data penerima barang dengan cara input, update, dan save.
  7.    Proses pengolahan data barang dengan cara input, update, save.
  8.    Proses pencari data barang dengan input nomer resi.
  9.    Proses pengcekan tarif
  10. Proses data keberadaan customer service dan feedback antara customer dengan pegawai.

Kebutuhan Non Fungsional
  1.    Perangkat keras (Hardware)
Program ini hanya bisa di jalankan dengan mengunakan komputer maupun smartphone dengan didukung jaringan internet.
  2.    Perangkat lunak (Software)
a.    Pada sistem yang telah dibuat, proses login berlaku bagi customer yang sudah registrasi.
b.    Pada menu Customer Service, customer hanya bisa melihat pegawai yang sedang bertugas dan tidak bisa memilih pegawai yang sedang melayani menu Customer Service.
c.    Untuk cek nomor resi, customer tidak bisa menentukan kode yang telah di tetapkan.
d.    Cek tarif tidak dapat di tawar oleh customer dan hanya Admin yang bisa merubah tariff sewaktu-waktu kebutuhan bertambah.
e.    Customer hanya bisa melakukan proses input dan save. Sehingga tidak bisa melakukan update jika ada kesalahan pada data customer.
  3.    Perangkat Manusia (Brainware)
Yaitu Admin yang bertugas mengoperasikan sistem yang telah dibuat, meliputi proses input,pengeditan, pemeliharaan data.









Next
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

Posting Komentar

 
Top